SEKILAS INFO
: - Kamis, 09-12-2021
  • 5 bulan yang lalu / Selamat Datang Di Website Resmi SMP Negeri 1 Kupang
B’Pung Mobile: Langkah Mudah Transaksi bersama Bank NTT

B’Pung Mobile: Langkah Mudah Transaksi bersama Bank NTT

 

Hari Jumat kedua dalam bulan Oktober 2021, tepatnya tanggal 8, sekelompok bapak dan ibu berkunjung ke markas SMP Negeri 1 Kupang. Semuanya berpakaian bebas. Mereka tampak ganteng dan cantik, segar dan energik. Beruntung ada Card ID yang melekat atau bergantung di dada, sehingga kita dapat mengenal asalnya, meski tanpa bertanya. Sesungguhnya mereka adalah para pegawai dari Bank NTT, Bank kebanggaan masyarakat provinsi yang terdiri atas 566 buah pulau, besar dan kecil.
Kedatangan mereka bukan tanpa maksud. Apalagi ketika ditelisik identitas tupoksi mereka di kantor. Mereka adalah kelompok dari sub bagian marketing. Mereka terjun untuk memasarkan berbagai produk pelayanan Bank NTT kepada para nasabah. Sasaran SMP Negeri 1 Kupang terbilang tepat. Di sekolah ini ada 71 orang nasabah karena gaji mereka sebagai ASN mengalir melalui rekening Bank NTT.
Tim marketing yang datang berjumlah tujuh orang. Mereka dipimpin oleh ibu Mega. Ada pula ibu Astri yang memperkenalkan produk Tabungan Dia Bisa, Deposito Bebas. Selain itu ada pula ibu Mega yang bertugas khusus pada bagian kredit. Sementara itu bapak dan ibu yang lain bertugas membantu administrasi, bila ada nasabah yang langsung mengadakan pengajuan atau permintaan untuk pelayanan produk tertentu.
Ada berbagai produk pelayanan yang ditawarkan. Tabungan Dia Bisa, salah satu produk yang diperkenalkan. Keistimewaannya antara lain, tanpa administrasi bulanan, selalu mendapat fee setiap bulan, dapat dipakai untuk pelbagai transaksi pembayaran seperti rekening pulsa listrik PLN, pulsa telkomsel, rekening PDAM, dan lain-lain badan layanan yang sudah membangun kemitraan dengan Bank NTT. Untuk nasabah baru, diharuskan menyetor saldo sebesar Rp. 500.000 untuk membuka rekening baru.
Produk yang lain adalah Deposito Bebas. Produk ini menawarkan bunga sebesar 4,25 % per tahun. Di samping itu produk ini tidak mengenal Pinalti, sebuah istilah yang menggambarkan sanksi terhadap pelanggaran aturan yang sudah disepakati. Dan pencairan bisa dilakukan bila nasabah sudah mengajukan permintaan kurang lebih lima hari sebelumnya.
Salah satu produk yang tidak ketinggalan adalah pelayanan kredit atau pinjaman. Yang diperkenalkan adalah paket promo dengan bunga kredit 12%. Sesungguhnya bunga kredit standar yang ada pada Bank NTT adalah 14%. Namun dalam rangka promosi, ada paket baru dengan bunga kredit 12%. Paket ini hanya berlaku bagi para nasabah yang baru melakukan transaksi peminjaman di Bank NTT. Paket ini pun berlaku hanya pada masa promosi. Setelah batas waktu, bunga kredit kembali ke paket standar, 14%.
Produk yang cukup menarik perhatian adalah B’Pung Mobile. Memang produk ini relatif masih baru. Produk ini dikembangkan untuk membantu para nasabah, hampir dalam segala hal keterkaitan urusan nasabah dengan pihak bank. Produk ini berupa aplikasi berbasis android.
“Dewasa ini, orang-orang bisa lupa apa saja bila bepergian seperti lupa dompet, lupa uang, lupa kunci, dan lain-lain. Namun kenyataan sangat sedikit orang yang sering lupa handphone (HP). Setiap kali hendak keluar rumah, lebih banyak orang memastikan bahwa HP sudah digenggamnya, atau di dalam saku atau di dalam tas. Inilah sebagian alasan aplikasi B’Pung Mobile dikembangkan berbasis android. Tambahan lagi, pengguna android selalu bertambah pesat dari waktu ke waktu.” Demikian penjelasan ibu Mega, sang pimpinan rombongan memberikan pendasaran aplikasi ini.
Aplikasi B’Pung Mobile menyediakan pelayanan dalam banyak hal. Melalui aplikasi ini nasabah dapat mengetahui seberapa besar saldo yang ada di rekeningnya, seberapa besar sisa pinjaman yang menjadi tangungjawabnya, seberapa besar tagihan PDAM, tagihan wifi yang harus dibayarkan bulan berjalan. B’Pung Mobile juga dapat membantu pelaksanaan transaksi pembayaran bila sedang berbelanja di supermarket atau mall, transaksi makan siang atau malam di restoran atau rumah makan. Bahkan terobosan yang paling akhir adalah melalui aplikasi ini, kita juga bisa berbelanja sayur atau ikan di pasar Inpres Kupang. “Itu semua bisa terjadi oleh karena Bank NTT telah membangun kemitraan dengan pengusaha-pengusaha sebagaimana digambarkan tersebut. Tentu saja belum semua yang sudah berkolaborasi dengan Bank NTT” tegas ibu Mega.
Tampak bapak dan ibu guru, para nasabah, mendengar dan menyimaknya dengan antusias. Ada pula yang langsung mengisi form yang dibagikan untuk pengajuan. Yang lebih diutamakan adalah form satu halaman untuk mengganti ATM biasa dengan ATM Chip, untuk bisa menarik gaji dari masing-masing rekening. Ada pula yang dibantu untuk mengisi pengajuan kredit, serta tidak ketinggalan ada yang memberikan android untuk dibantu menginstal aplikasi B’Pung Mobile. Pertemuan sosialisasi ini pun berbuah tambahan nasabah yang bergabung dalam produk-produk Bank NTT.
Dengan penjelasan ini, boleh dikatakan bahwa oleh Bank NTT, android yang kita miliki telah ditambah fungsinya. Bahwa ia juga menjadi sarana pembayaran di kala berbelanja. Android menjadi dompet digital yang menyimpan uang secara digital pula. Maka dengan kata lain, Bank NTT semakin jauh terlibat dalam gaya hidup modern berbasis digital. Meski demikian, Bank NTT tetap mengedepankan prinsipnya yakni melayani dan memberi kemudahan hidup bagi para nasabahnya. Ia selalu bertolak dan kembali kepada motonya sendiri, melayani lebih sungguh, dalam arti yang seluas-luasnya. (Yustin Darmo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Alamat Sekolah

Pengumuman

PENGUMUMAN MPLS SMPN1 KUPANG TP. 2021/2022

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2021/2022

PEMBERITAHUAN PENGEMBALIAN BUKU PAKET DAN TABLET ADVAN TAB7

Agenda